Jam Kerja :Senin - Sabtu 08.00 - 16.00 WIBTelp: +62 812-3887-4441

Tips Menata Ruang Tamu Kecil Untuk Rumah Impian Anda

Apakah Anda senang menata rumah? Ruangan mana yang paling sering Anda ubah tatanannya? Bagaimana pula menata ruang tamu kecil? Berikut penjelasannya.

Ruang tamu adalah bagian rumah yang menuntut perhatian lebih dalam hal penataan. Mengingat ruang tamu merupakan bagian rumah yang pertama dilihat dan dimasuki oleh tamu ketika bertandang ke rumah tersebut. Oleh karena itu, kerapian dan keindahan ruang tamu akan menjadi gambaran kondisi rumah tersebut secara keseluruhan.

Menata ruang tamu bukan semata urusan menyusun perabot dalam sebuah ruangan kecil. Akan tetapi dibutuhkan juga keterampilan estetika. Sehingga, penataan ruang tamu tampak bersih, rapi dan cantik. Setiap tamu yang bertandang pun merasa nyaman dan betah berada di sana.

Fungsi Ruang Tamu

Sebelum menata ruang tamu ada baiknya untuk memahami fungsi ruang tamu terlebih dahulu. Ruang tamu adalah ruang yang biasa terletak di bagian depan dan berfungsi sebagai tempat di mana tuan rumah menerima dan menjamu tamunya. Jadi, dengan kata lain ruang tamu merupakan ruang sosial pertama bagi keluarga.

Fungsi utama ruang tamu adalah sebagai tempat untuk menerima dan menjamu tamu, sekaligus berbincang dan berdiskusi. Berapa pun ukurannya bukan kendala untuk menjalankan fungsi ini. Namun demikian, faktor kenyamanan bagi tamu tetap harus diprioritaskan. Nah, di sinilah peran dari penataan ruang tamu. Bagaimana menata ruang tamu sebaik mungkin, sehingga setiap tamu yang datang merasa nyaman berada dalam ruangan tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menata Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu kecil menuntut penataan yang tepat agar tidak terkesan sempit dan berantakan. Oleh karena itu, diperlukan trik khusus, sehingga penataan tersebut memberikan hasil yang memuaskan. Dari fungsi ruang tamu di atas, faktor terpenting yang diharapkan tercipta dari penataannya adalah faktor kenyamanan dan keindahan ruangan.

Secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang tamu, yaitu:

1. Tata Letak

Tata letak sangat penting untuk memberikan kesan lapang pada ruangan. Anda harus benar-benar memperhatikan tata letak furnitur dan aksesoris yang tepat, enak dipandang dan tidak saling tumpuk.

2. Pilihan Bahan untuk Aksesoris dan Furniture

Jangan asal beli aksesoris dan furnitur untuk mengisi ruang tamu Anda. Pastikan aksesoris dan furnitur yang digunakan cocok dengan ruang tamu. Untuk ruang tamu yang berukuran luas, Anda bisa memilih aksesoris yang berbahan tebal dan desain yang lebih beragam. Namun, untuk ruangan tamu yang berukuran lebih sempit, Anda sebaiknya memilih aksesoris yang lebih simpel dan furnitur berbahan ringan.

3. Pilihan Warna

Pilihan warna juga penting dalam penataan ruang tamu. Perlu Anda ketahui bahwa warna akan berpengaruh terhadap proses pemantulan atau penyerapan cahaya dan kesan ramai pada ruangan. Warna-warna lembut cenderung mampu memantulkan cahaya dengan baik sehingga ruangan terkesan lebih luas. Selain itu, warna-warni yang terlalu ramai dapat memberikan kesan penuh pada ruangan. Karena itu, jika ruang tamu Anda sempit hindari memilih furnitur atau aksesoris yang berwarna-warni.

4. Pencahayaan

Pencahayaan juga perlu diperhatikan pada ruang tamu Anda. Pencahayaan alami sebenarnya jauh lebih baik, karena itu beri jendela yang cukup pada ruang tamu. Lebih baik lagi menggunakan jendela kaca yang lebar, sehingga cahaya dari luar bisa masuk dengan leluasa. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan pencahayaan dari lampu penerangan yang cukup.

Tips Menata Ruang Tamu Kecil

Menata Ruang Tamu Kecil

Menata ruang tamu dengan ukuran yang sangat minimalis memang susah susah gampang. Diperlukan teknik dan trik tersendiri agar ruang tamu tampak cantik, nyaman dan tetap terkesan lapang. Sebagai bahan panduan, tips berikut bisa digunakan dalam menata ruang tamu kecil Anda!

1. Pilih Furniture yang Ringan dan Simpel

Meskipun ruang tamu sempit, bukan berarti Anda tidak bisa mengisi ruang tamu dengan sofa dan beberapa furnitur pelengkap lainnya bukan? Jika Anda menginginkan ruang tamu dilengkapi dengan sofa, sebaiknya pilih sofa dengan desain sederhana dan berwarna monokrom. Pemilihan furnitur yang bercorak ramai atau berwarna-warni tidak dianjurkan untuk ruangan sempit. Karena hal itu memberikan kesan ramai dan berantakan.

Oleh karena itu, jika merencanakan untuk membeli furniture untuk ruang tamu kecil Anda pilihlah furnitur dengan desain simpel dan berwarna monokrom. Sesuaikan ukuran furniture dengan ukuran ruangan.

2. Pilih Furniture Multi Fungsi

Sebagaimana diketahui, furniture merupakan jenis perabotan rumah tangga yang memakan porsi ruangan dalam jumlah besar. Sementara, ruang tamu kecil sudah pasti memiliki daya tampung yang lebih sedikit. Sehingga, memajang berbagai jenis furniture dalam ruangan tersebut bukanlah pilihan yang tepat. Sangat dianjurkan untuk menggunakan furniture multi fungsi. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk memaksimalkan fungsi furniture dan fungsi ruangan. Contohnya: Anda bisa menggunakan meja sudut yang sekaligus berfungsi sebagai kotak penyimpanan.

Furniture Multifungsi

Nah, jika Ruang Tamu kecil menggunakan furniture multi fungsi ini, maka akan banyak space ruangan yang bisa dihemat. Sehingga ruang gerak menjadi lebih lebar dan lebih leluasa.

3. Gunakan Gorden Warna Lembut dan Berbahan Tipis

Pencahayaan yang cukup sangat penting untuk memberikan kesan lapang pada ruang tamu keci Anda. Karena itu, pilihlah gorden yang berbahan tipis dan mudah ditembus cahaya. Sehingga, cahaya matahari dari luar bisa masuk menerangi ruang tamu dengan leluasa pada siang hari. Warna lembut juga memberikan kesan terang dan lapang. Selain itu, jaga kebersihan kaca dan gorden. Sehingga, ruangan selalu tampak cerah dan lapang.

4. Gunakan Cat Dinding dengan Warna-Warna Lembut

Gunakan warna-warna lembut untuk dinding. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesan terang dan lapang pada ruangan sempit. Contoh warna-warna lembut yang cocok untuk dinding ruang tamu kecil antara lain warna hijau, biru dan kuning. Agar tidak tampak terkesan menoton, Anda bisa memberikan warna gelap untuk aksen ruangan, seperti warna coklat pada pinggir ruangan atau kosen jendela/pintu.

5. Hiasi Ruangan dengan Aksesoris yang Tepat

Menata ruang sempit bukan berarti Anda harus menghilangkan aksesoris ruangan, lho. Anda tetap bisa menghiasi ruangan dengan beberapa aksesoris yang tepat. Asal tidak terlalu ramai. Pemberian aksesoris penting untuk mempercantik ruangan. Anda bisa meletakkan foto keluarga atau ukiran kaligrafi di dinding. Perhatikan penataan dan ukurannya. Sesuaikan dengan lebar dinding.

gaya glamorous deco informa

 

Hindari aksesoris yang berukuran jumbo. Sementara itu untuk penempatan pilih lokasi yang tepat. Sedapat mungkin hindari menempatkan aksesoris memenuhi semua sisi ruangan. Tempatkan aksesoris pada beberapa sisi yang pas.

6. Gunakan Warna-Warna Natural untuk Lantai atau Karpet

Warna-warna natural dan monokrom untuk lantai cukup membantu memberikan kesan luas pada ruangan. Sehingga, warna-warna ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi penataan ruang tamu mini Anda.

7. Tambahkan cermin atau kaca

Anda bisa menambahkan elemen cermin atau kaca untuk memberikan kesan lapang pada ruangan. Kehadiran kaca di ruangan bisa menciptakan kesan ruang baru yang sifatnya semu dari pantulan bayangan pada cermin. Sementara itu, kaca berfungsi menyatukan dua ruangan dengan cepat, sehingga terkesan lebih luas dan suasana ruangan terasa lebih terbuka.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan elemen ini, penempatannya di ruangan juga perlu diperhatikan. Untuk cermin, pilih yang berukuran besar dan letakkan di bagian dinding ruangan mengarah ke depan hiasan utama di ruangan tersebut. Sementara itu untuk kaca sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkannya pada elemen furnitur. Namun, jika memungkinkan lebih baik lagi jika digunakan sebagai pembatas ruangan.

Apabila anda membutuhkkan perabot atau furniture rumah, Anda bisa membelinya di INFORMA. Informa merupakan Toko yang menyediakan berbagai kelengkapan furniture dalam rumah Anda. Store Informa tersebar di seluruh Indonesia dan apabila Anda malas keluar rumah karena jalan macet, Anda bisa beli secara online juga di informa. Informa menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mulai dari produk untuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor, hingga aksesoris rumah tangga. Nikmati keuntungan lebih jadi member informa mulai dari gratis pengiriman hingga bayar pakai poin. Mudah kan? Buruan belanja di Informa di Kota Anda.

Jadi, sempitnya ruangan bukanlah kendala lagi untuk mendapatkan ruang tamu yang rapi dan indah bahkan terkesan lapang. Ternyata kendala sempitnya ruangan bisa diatasi dengan penataan yang tepat. Semoga artikel INSPIRASI RUMAH tentang tips menata ruang tamu kecil ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang memiliki ruang tamu kecil. Semoga bermanfaat !

PT. Anugerah Alam Utama (Master Tukang)

Alamat Pabrik & Workshop

Jl. Veteran No 25, Selomanen, Purwokerto,
Ngadiluwih – Kediri

+62 812 3887 4441

www.mastertukang.co.id

[email protected]

Ikuti Aktivitas Kami

Sosial Media



Apa Yang Bisa Kami Lakukan

Layanan Kami

– Kontraktror ACP
– Jasa Curtain Wall
– Pabrik Plat Ornamen
– Kontraktor Baja WF
– Pembuatan Pagar
– Jasa Pasang Kanopi
– Jasa Advertising
– Jasa Aluminium
– Jasa Partisi Kaca & Pintu Kaca