Jam Kerja :Senin - Sabtu 08.00 - 16.00 WIBTelp: +62 812-3887-4441

Tips Menciptakan Dekorasi Ruang Indah Dan Nyaman

Dekorasi-Ruang.jpg

Banyak orang yang berpendapat bila membuat dekorasi ruang itu adalah pekerjaan yang sulit dan hanya bisa dilakukan oleh ahli interior saja. Ini adalah anggapan yang tidak benar sama sekali. Karena setiap orang bila mau belajar dan memahami strateginya pasti bisa melakukan pekerjaan ini.

Selama ini banyak yang mengira bahwa kalau rumah tipe 36 itu cara penyajian ruangannya begitu-begitu saja, dua kamar berdempetan dan satu kamar mandi serta ruang tamu dan dapur yang menyatu.

Modifikasi Dekorasi Ruang Indah

Dekorasi ruang pada rumah tipe 36 yang sangat sederhana, terkadang tidak memberikan ruangan lagi bagi penghuni rumah untuk membuat kreasi lain. Tetapi kalau diberi kesempatan untuk mebangun sendiri dengan luas tanah yang cukup semisal 100 meter persegi, maka dekorasi untuk rungan bisa agak lebih terbuka. Terutama kalau bentuk ruangan itu sedikit lebih besar dengan plafon yang lebih tinggi. Kesan leluasa dan sedikit lebih besar, membuat penghuni rumah bernapas dengan lebih lega.

Ada orang yang tidak ingin banyak perabotan di rumahnya. Di dalam rumah hanya terdiri barang-barang yang memang sangat dibutuhkan, semisal, tempat tidur, lemari, dan meja kecil. Sedangkan kursi tamu atau lemari atau bufet tempat menyimpan barang-barang koleksi tidak ada. Kalau tipe orang seperti ini, yang dibutuhkan mungkin hanya permainan warna dinding. Bila perlu dinding hanya terbuat dari batu bata yang dibuat cukup dekoratif. Lalu kesan rumah di pedesaan luar negeri bisa diciptakan.

Paling yang digantungkan di dinding adalah jam dinding dengan bentuk yang unik seperti bentuk daun jati atau bentuk ban roda kereta berkuda. Selanjutnya, perlengkapan hiburan dibuat sangat minimalis dengan memilih tv plasma yang bisa ditempel di dinding. Kursi tamu bisa berbentuk panjang seperti bangku di tempat makan di kampung-kampung. Tentu saja bangku ini bisa dibuat multi fungsi. Jangan lupa melapisi bangku dengan busa agar duduk lebih nyaman.

Warna bangku dibuat alami saja sesuai dengan warna kayunya. Mejanya pun dipilih yang persegi panjang dan bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan majalah atau sepatu yang sedang tidak dipakai. Ketiadaan gudang pada rumah yang sempit ini, membuat penghuninya harus mampu menyembunyikan barang yang tidak sedang dipakai di tempat yang unik.

Usahakan untuk tidak menggunakan perabotan yang berkesan terlalu kuat seperti perabotan dengan ukiran dan dalam bentuk yang besar. Perabotan dengan bentuk bujur sangkar juga terkadang membuat ruangan terkesan lebih sempit. Perabotan dengan bentuk bulat, mungkin masih bisa dipakai. Intinya dengan ruangan terbatas, tidak perlu terlalu banyak menempatkan perabotan. Bila perlu, tukar perabotan yang tidak sesuai dengan perabotan yang lebih minimalis.

Keindahan

Hal penting dalam mendekorasi ruangan adalah kemampuan menciptakan keindahan sekaligus membuat nyaman ketika berada pada ruang yang didesain atau dibuat dekorasinya tersebut. Jadi jangan takut untuk menuangkan ide kreatif dalam kegiatan yang sebenarnya sangat menyenangkan ini. Begitu banyak contoh yang bertaburan di internet dan di majalah-majalah yang membahas tentang dekorasi.

Untuk membuat dekorasi untuk ruang agar bisa nampak indah sekaligus nyaman untuk ditempati perlu memperhatikan beberapa hal seperti, sesuaikan tema. Sebelum membut dekorasi, pilihlah tema atau konsep yang diinginkan. Mau yang modern, semi modern, tradisional atau yang klasik dan lain-lain. Ini akan memudahkan untuk melangkah pada pekerjaan selanjutnya. Diskusikan dengan anggota keluarga yang lain mengenai tema ini.

Kalau berada di daerah pegunungan yang dingin, tema ‘kembali ke alam’, bisa menjadi pilihan. Bentuk taman-taman kecil yang indah, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Taman yang indah yang ada di dalam rumah, tentu saja akan menimbulkan kesan yang romantis. Dinding rumah terbuat dari kaca sehingga taman bisa terlihat dengan jelas. Memang harus rajin memberikan kaca. Namun, efek yang dihadirkan oleh taman yang indah itu akan sangat luar biasa.

Jangan lupa rajin merawat tanaman. Kalau tidak ingin terlalu sering berkebun karena kesibukan, pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak perhatian. Ketika membeli tanaman itu, pastikan bertanya kepada penjual tanaman bagaimana cara merawat tanaman tersebut. Jangan sampai rumah malah seperti kebun yang tidak terawat atau malah menjadi seperti hujan kota yang kotor dengan dahan yang menjulur ke sana ke mari.

Tema ruamh seperti ini sangat cocok bila diterapkan di daerah perkotaan juga. Polusi yang banyak membuat tubuh membutuhkan aliran udara yang segar di rumah. Dengan adanya taman di rumah, kondisi psikologis mudah stabil lagi. Aliran udara yang bersih itu akan membaut tubuh menjadi lebih ringan dan tidak terkena stres berkepanjangan. Kalau tidak sempat, bisa menyewa tukang kebun yang ahli. Biayannya memang lebih mahal, tetapi kepuasan hasil dari kerja orang profesional itu cukup bagus.

Pilih perabot dan hiasan yang disukai. Ketika membuat dekorasi untuk diri sendiri, maka pilihlah semua perabot serta hiasannya yang sesuai dengan jiwa dan keinginan. Jangan memaksakan untuk memilih barang yang tidak disenangi meski sedang populer dan banyak disukai orang lain. Ini akan membuat rasa nyaman dan senang pada ruang yang ditempati tersebut menjadi hilang. Tentu saja untuk mengetahui apa yang memang disuka, sering-seringlah mendatangi pameran dekorasi atau membaca buku-buku tentang dekorasi.

Setelah menentukan apa yang disenangi, lalu berburulah. Jangan terlalu lama melakukan perburuan. Kalau program membuat dekorasi ini tertunda, terkadang malah menjadi malas melanjutkannya. Kalau malas melanjutkannya, akhirnya akan memakan waktu yang lama menikmati dekorasi yang telah ada di kepala. Lalu menerima dekorasi yang ada apa adanya. Tentu bukan sesuatu yang menyenangkan menunda mewujudkan apa yang telah dirancang sebelumnya.

Pilih perabot sesuai dengan fungsi bermacam-macam. Misalnya dekorasi tersebut adalah untuk tempat kerja. Maka pilihlah perabot yang juga punya fungsi untuk menunjang pekerjaan . Jangan memilih peralatan yang tidak ada hubunganya sekali dengan pekerjaan. Karena selain tidak berguna juga membuat kerepotan. Begitu pula jika membuat desain ruang untuk tamu, kamar tidur, kamar keluarga dan lain-lain.

Ide akan datang ketika sering mendapatkan informasi. Berkunjung ke tempat penjualan dekorasi seperti Index, akan memberikan gambaran seperti apa dekorasi yang diinginkan. Beragam bentuk barang dengan harga yang bermacam-macam akan memberikan konsep dekorasi tertentu yang sesuai dengan kemampuan finansial dan bentuk ruangan yang ada didekorasi.

Pewarnaan

Hal ini juga harus disesuaikan dengan karakter jiwa. Karena masing-masing warna punya pengaruh psikologi pada pikiran. Misalnya warna biru muda atau langit akan menimbulkan efek pada ketenangan jiwa. Kemudian warna merah muda muda akan memunculkan rasa semangat dan ceria. Lalu putih akan menjadikan perasaan teduh serta pandangan yang terang dan seterusnya.

Kalaupun ingin bermain dengan beberapa warna untuk satu ruangan, tidak menjadi masalah. Warna yang berbeda ini akan memberikan kesan berbeda-beda. Tentu saja ada nilai seninya dan jangan asal warna. Tentu tidak mau membuat rumah terlihat seperti Taman Kanak-Kanak atau Taman Bermain. Bila perlu, gunakan wall paper yang tepat dan pantas dengan harga yang terjangkau.

Pencahayaan juga punya pengaruh psikologi seperti halnya dengan warna. Selain itu setiap ruang juga perlu teknik pencahayaan yang berbeda. Untuk dekorasi ruang kerja tentu butuh pencahayaan yang sesuai dengan tugas yang harus dikerjakan di ruang itu. Kemudian untuk ruang tamu tentu butuh pencahayaan yang lebih terang. Sedang untuk kamar tidur tentu tidak membutuhkan pencahayaan yang banyak, karena bila terlalu terang justru akan menyilaukan mata.

Sirkulasi udara adalah salah satu faktor terpenting untuk membuat dekorasi ruang nyaman. Karena bila sirkulasi udara dalam ruang bisa baik, maka penghuni rumah juga tidak akan merasa gerah atau kepanasan. Atau justru kebalikannya jadi sering kedinginan sehingga membuat masuk angin. Kecuali bila ruang tersebut menggunakan pengatur udara atau AC.

Arah muka ruang. Ketika membuat dekorasi ruang, usahakan ruang tersebut bisa menghadap keluar sehingga pandangan mata bisa jauh dan tidak terbatas pada tembok dalam ruang saja. Hal ini bisa dilakukan bila ruang tersebut berada di rumah yang punya halaman atau apartemen yang kamarnya terletak di bagian pinggir, bukan tengah.

PT. Anugerah Alam Utama (Master Tukang)

Alamat Pabrik & Workshop

Jl. Veteran No 25, Selomanen, Purwokerto,
Ngadiluwih – Kediri

+62 812 3887 4441

www.mastertukang.co.id

[email protected]

Ikuti Aktivitas Kami

Sosial Media



Apa Yang Bisa Kami Lakukan

Layanan Kami

– Kontraktror ACP
– Jasa Curtain Wall
– Pabrik Plat Ornamen
– Kontraktor Baja WF
– Pembuatan Pagar
– Jasa Pasang Kanopi
– Jasa Advertising
– Jasa Aluminium
– Jasa Partisi Kaca & Pintu Kaca