Jam Kerja :Senin - Sabtu 08.00 - 16.00 WIBTelp: +62 812-3887-4441

Dekorasi Interior Dan Tips Memilih Model Lampu

Dekorasi-Interior.jpg

Banyak cara bisa dilakukan untuk menjadikan rumah tinggal menjadi tempat hunian yang nyaman dan menyenangkan. Kenyamanan di dalam rumah, selain dipengaruhi oleh perilaku dan hubungan antaranggota keluarga, juga dapat dikondisikan melalui penyediaan dan penataan berbagai dekorasi interior.

Interior rumah yang baik dapat mendukung terbangunnya harmonisasi dari para penghuninya. Perasaan jengah pun bisa teratasi ketika memasuki rumah yang indah dan sejuk.

Dekorasi Interior Tidak Harus Mahal

Dekorasi interior itu tidak harus mahal. Bahkan dari barang yang sangat sederhana pun bisa dibuat dekorasi yang indah. Yang harus menjadi pertimbangan adalah kesesuaian antara dekorasi rumah dan luas ruangan. Jangan sampai dekorasi malah membuat ruangan terasa lebih sempit. Ruangan yang sempit seolah membuat udara untuk bernapas menjadi berkurang. Ruang gerak juga terbatas. Tentu bukan sesuatu yang nyaman kalau ingin ke dapur saja harus membungkukkan kepala atau harus menggeser perabotan yang menjadi penghalang.

Warna yang terlalu ramai juga tidak menyenangkan. Walaupun harga perabotan mahal, kalau tidak pantas diletakkan pada ruangan tertentu, sebaiknya jangan memaksakan diri. Misalnya, sangat ingin membeli semua tempat tidur ukuran king. Dana ada, tetapi luas kamar hanya 2,5 x 3 meter. Tentu saja ukuran tempat tidur yang sangat besar itu akan memakan semua ruangan dan tidak menyisakan sedikit pun untuk bergerak atau meletakkan meja hias atau sekedar kursi.

Terkadang kamar tidur juga digunakan untuk sholat berjamaah keluarga. Kalau tempat tidur telah memakan semua tempat, di mana lagi bisa sholat berjamaah. Tidur pun mungkin tidak terasa nyaman lagi ketika ruang gerak yang lain tidak ada. Bila perlu, belilah tempat tidur yang multi fungsi dan bisa dimanfaatkan sebagai sofa ketika tidak digunakan. Tempat tidur yang bisa dilipat dan disembunyikan juga bisa membantu membuat ruangan sempit menjadi lebih berarti ketika tidak sedang akan tidur.

Selain tempat tidur yang pas, perabotan yang ada di ruang tamu juga disesuaikan. Bila perlu tidak perlu membeli meja kursi tamu sehingga ruang tengah itu bisa difungsikan sebagai ruang makan dan ruang keluarga. Ini berlaku bagi rumah tipe kecil seperti tipe 36. Untuk membuat rumah indah dan nyaman itu membutuhkan daya kreasi yang cukup tinggi. Kreativitas ini akan membuat semua penghuni keluarga menjadi sangat selektif ketika akan menambah barang yang akan dimasukkan ke dalam rumah.

Bagus atau indahnya sebuah interior di dalam rumah bukan ditentukan oleh banyak dan ragamnya jenis perabot maupun dekorasi yang ada. Dengan perabot atau perlengkapan yang minimalis pun sebuah rumah dapat terasa hidup dan penuh warna. Begitu juga sebaliknya, banyaknya perlengkapan di dalam rumah tanpa disertai penataan dan pengelolaan yang baik malah bisa menjadi semrawut, bahkan terlihat seperti gudang.

Peran Lampu Untuk Desain Interior

Penataan dekorasi untuk interior dalam sebuah rumah sama pentingnya dengan jenis dekorasi itu sendiri. Suatu jenis dekorasi yang dipajang dan diletakkan dengan tepat akan memberikan suasana yang optimal. Apalagi macam dekorasi pun sangat banyak, dari sekedar untuk hiasan rumah maupun karena memiliki fungsi tertentu. Dari yang ditempel di tembok, digantung, maupun diletakkan di atas lantai dan di atas meja.

Meskipun demikian, penataan dan pengelolaan interior yang baik juga masih belum akan memberikan manfaat yang optimal. Hal ini sangat terasa saat malam saat lampu penerangan dalam rumah yang digunakan adalah lampu neon. Bisa juga mencoba menyaksikan dan rasakan penataan dekorasi dalam rumah dengan menggunakan lampu neon untuk menerangi seluruh ruangan.

Nah, sekarang coba bandingkan bila menggunakan lampu spot light, tanpa menggunakan neon. Tempatkan dan sorotkan spot light itu pada beberapa tempat yang sekiranya paling menarik dan paling artistik. Apa yang dirasakan? Sorot lampu itu terasa lebih terang sehingga suasana menjadi lebih cerah. Apalagi alau ditunjang dengan warna dinding dalam perabotan lain yang senada sehingga membuat pencahayaan terasa makin memesona.

Tidak ada salahnya mengagumi karya sendiri kalau memang bagus. Kreasi ini malah bisa menjadi satu referensi bagi orang lain yang mempunyai bentuk rumah dengan luas yang sama. Satu hal yang harus diingat ketika membeli lampu model ini. Usahakan untuk tidak sembarangan membeli lampu sorot. Pertama, kalau kualitasnya kurang baik, usia lampu tidak lama. Tentu akan cukup mengecewakan hanya memandang keindahan lampu selama 2 minggu saja.

Belilah lampu dengan kualitas yang cukup bagus agar usia lampu awet dan tidak merepotkan. Harganya memang sedikit lebih mahal. Demi satu kepuasan, mengeluarkan dana agak lebih, bukan perkara yang merugikan. Bila perlu, seringlah mencari informasi tentang merek lampu tertentu agar tidak kecewa nantinya. Dari informasi itu biasanya bisa membuat perbandingan, baik harga maupun kualitas.

Lampu Spot Light

Lampu sebagai alat penerangan mempunyai fungsi yang sangat beragam. Lampu tidak sekedar untuk membuat kita dapat melihat dengan jelas berbagai barang atau benda yang ada di sekitarnya. Saat siang hari, penerangan dalam rumah diperoleh dari cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Namun untuk rumah yang agak tertutup atau tanpa jendela karena menggunakan air conditioning (AC), tentunya tetap akan memanfaatkan pencahayaan dari lampu.

Selain sebagai penerang, lampu juga berfungsi membuat kesan yang lebih kuat pada benda atau areal yang mendapat sorotannya. Nah, lampu jenis spot light merupakan jenis lampu sorot yang berguna untuk membuat kesan lebih kuat pada daerah yang disorot, sekaligus mengurangi atau meminimalisir daerah lain yang tidak mendapat sorotan. Bila ingin menonjolkan kesan yang kuat pada lukisan abstrak yang dipajang di dinding, bisa saja mengarahkan sorotan spot light ke lukisan yang dimaksud.

Selain untuk membuat kesan yang dinamis, spot light juga berperan sebagai dekorasi yang cantik. Apalagi saat ini banyak sekali bentuk dan jenis lampu spot light yang unik. Semua orang bisa memilih bentuk lampu sesuai dengan macam atau jenis dekorasi yang dimiliki maupun dirancang. Bila perlu jangan hanya sekali berkunjung ke tempat penjualan lampu itu. Bila sudah minimal 3 kali, biasanya akan terlintas bentuk desain dekorasi yang pas dengan rumah.

Bayangkanlah kalau rumah diberi lampu seperti itu apa yang akan terjadi. Keterangan yang didapatkan di internet juga bisa membantu. Apapun yang dilakukan dan dikerjakan ketika menginginkan hasil yang maksimal, kerja keras tetap harus dilakukan. Tidak ada hasil yang sangat memuaskan tanpa adanya usaha yang bersungguh-sungguh. Rasa puas itu akan lebih terasa ketika ada usaha dibalik keberhasilan. Penghargaan pada diri sendiri pun hadir.

Bentuk dan warna lampu spot light yang beragam juga menjadi satu pertimbangan agar dekorasi yang dibuat menjadi serasi dan harmonis. Ukuran lampu juga harus dipikirkan dan cara penempatannya jangan sampai mengganggu atau malah membahayakan. Bagaimanapun peralatan listrik itu berbahaya dan tidak bisa diperlakukan dengan cara yang biasa. Salah memasang bisa saja terjadi hubungan arus pendek. Bila tidak bisa melakukannya sendiri, akan lebih bijaksana kalau meminta orang yang lebih ahli untuk memasangnya.

Lampu yang tidak digantung juga akan membuat dekorasi lebih indah. Memang akan terasa lebih temaram dan terkadang membuat bayangan yang mengganggu aktivitas membaca, namun, demi keindahan lampu yang diletakkan agak masuk ke langit-langit ini bisa menjadi satu pilihan. Karena masih ada kelemahannya, maka ketika akan membaca, bisa ditambah dengan lampu baca. Semua kelemahan itu bisa diatasi asalkan paham bagaimana mengendalikan kelemahan itu sendiri.

Bilaingin mempunyai lampu perangkap nyamuk, usahakan untuk memilih jenis tutup lampu yang sesuai dengan dekorasi ruangan tempat menggantungkan lampu perangkap nyamuk tersebut. Warna alami seperti hitam bisa menjadi pilihan. Apalagi aklau memilih bentuk tutup lampu yang lonjong. Lampu ini tentu saja tidak akan merusak desain interior yang telah dirancang dengan saksama. Lampu [perangkap nyamuk ini akan mengurangi atau tidak sama sekali menggunakan alat lain untuk membasmi nyamuk.

Semua tahu bahwa penggunaan obat anti nyamuk semprot bukanlah cara efektif membunuh nyamuk. Ketika bau obat habis, nyamuk pun datang lagi. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang mencari jalan lain untuk membasmi nyamuk.

PT. Anugerah Alam Utama (Master Tukang)

Alamat Pabrik & Workshop

Jl. Veteran No 25, Selomanen, Purwokerto,
Ngadiluwih – Kediri

+62 812 3887 4441

www.mastertukang.co.id

[email protected]

Ikuti Aktivitas Kami

Sosial Media



Apa Yang Bisa Kami Lakukan

Layanan Kami

– Kontraktror ACP
– Jasa Curtain Wall
– Pabrik Plat Ornamen
– Kontraktor Baja WF
– Pembuatan Pagar
– Jasa Pasang Kanopi
– Jasa Advertising
– Jasa Aluminium
– Jasa Partisi Kaca & Pintu Kaca