Jam Kerja :Senin - Sabtu 08.00 - 16.00 WIBTelp: +62 812-3887-4441

Konstruksi Baja Ringan Menjadi Pilihan Utama Saat Membangun Rumah

Pengertian Konstruksi Baja. Konstruksi baja yaitu sebuah konstruksi atau rangka baja yang terdiri dari batang-batang baja yang di sambung menjadi sebuah gabungan bentuk segitiga yang menyerupai bangunan. tiap-tiap batang akan di sambung menyerupai simpul dan memanfaatkan baut, las lumer dan semua paku kelling. Yang disebutkan konstruksi baja yaitu sebuah rangka di sektor puncak rumah suatu bangunan seperti bangunan rumah, bengkel, gudang, dan bangunan-bangunan lainnya.

Kenapa Baja Ringan menjadi pilihan pertama para Aplikator dan Customer? Karena baja ringan sudah jelas memiliki tipe baja yang tidak berat dan tidak berkarat, biasanya orang lebih mengenal semua yang disebut baja adalah sesuatu yang berat atau juga mereka menyebut baja konvesional. Baja ringan ialah baja berkualitas tinggi yang bersifat tipis dan tentunya ringan, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional, jika baja ringan disusun dan didesain dengan strategi dan perhitungan yang akurat.

Alasan mengapa menggunakan baja ringan untuk digunakan rangka atap rumah :

1. Tidak akan dimakan rayap
2. Akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan
3. Lebih ringan daripada jika anda menggunakan kayu sebagai rangka atap Anda
4. Menggunakan anti karat yang sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan atap rumah / bangunan anda
5. Spesifikasi baja ringan yaitu profil batang utama (top and bottom chord) yaitu profil Z, profil batang web yaitu profil C , dan profil reng yaitu profil B. Lapisan anti karat atap baja ringan mengandung Aluminium 6. Zinc AZ100 dengan ketebalan lapisan 100gr/m2.

Amankah menggunakan rangka atap baja ringan ? Jawabnya jelas AMAN. Tetapi ada beberapa poin penting yg harus dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan memakai rangka atap baja ringan, ada banyak tipe dan merek yang beredar, namun jika hanya harga yg jadi pertimbangan, maka MAUT akan mengintai Anda. Gunakan Rangka Baja Ringan yang sesuai dengan SNI.

Mengapa Struktur Baja Ringan sering gagal ?

Sekarang ini baja ringan sudah jadi produk massal, mudah ditemukan dimana-mana dan bisa dibeli serta dipasang untuk siapa saja, termasuk oleh pihak yang tidak kompeten jadi kontraktor atau instalator struktur. Kalau ingin aman, struktur baja ringan harus dihitung dan di analisa dengan perangkat lunak/software yang benar dan tepat. Tapi harganya cukup mahal, bisa puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Alternatif lainnya adalah menyewa penggunaan software tersebut. Harga sewanya berkisar antara 20 juta Rupiah per tahun. Melihat dari nilai ini saja, sudah terlihat bahwa syarat penggunaan software tidak akan bisa dipenuhi kontraktor kecil yang ingin menggunakan konstruksi atap baja ringan.

Baja ringan dengan bahan dasar metal lembaran sudah banyak beredar yang kualitasnya bukan diperuntukkan bagi struktur rangka atap baja ringan. Misalnya saja syarat kekuatan bahan yg seharusnya G550 High tensile steel, ternyata waktu diuji hanya di bawah standart, bahkan ada yang hanya G370 mild steel. Bukan berarti jenis G370 tersebut tidak bagus, tetapi untuk rangka atap baja ringan syarat minimum memakai yang type G550.

Syarat pembebanan sering diabaikan, tidak hanya beban penutup atap saja, tetapi beban angin dan hujan seharusnya tetap dihitung dan berbeda di setiap wilayah. Profil yg mudah ditemukan di pasaran tebalnya 0.75-0.8 mm, bahkan ada yg hanya 0,65 mm dan 0,50 mm. Sebenarnya ketebalan ini masih bisa dipertanggung jawabkan, asalkan dihitung benar-benar dengan memakai software yang tepat. Rangka atap baja ringan kekakuannya termasuk rendah, sehingga perlu memasang elemen-elemen pengaku atau bracing yang cukup dan tepat dalam pemasangannya. Bracing vertikal, lateral dan horizontal seringkali tidak dipasang, atau dipasang sembarangan dan salah penempatan. Tidak banyak engineer yg menguasai prinsip desain sesuai AISI, karena dalam kurikulum S1 Teknik Sipil di Indonesia memang tidak diajarkan. Itu sebabnya perencanaan harus dilakukan oleh engineer struktur dengan memakai software yg tepat.

Dalam pemakaian konstruksi baja diperlukan seperti berikut :

1. Pembuatan kuda-kuda rangka bangunan
2. Bahan baja yang digunakan
3. Lapisan Anti Karat
4. Proses perhitungan
5. Screw yang digunakan, dll

Keistimewaan Konstruksi Baja

Pemasangan yg relatif mudah, bila Anda memanfaatkan konstruksi tidak hanya baja, kira kira memerlukan tenaga yg cukup berat, namun dengan memanfaatkan konstruksi baja ringan tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga dan juga untuk anggaran konstruksinya lebih ekonomis, dan bisa di alokasikan dengan menekan anggaran operasional. Kemudian keistimewaan dari baja yaitu lebih efisien dibanding dengan konstruksi lainnya, baja juga mempunyai mutu yang bagus.

Anda perlu tahu bentuk-bentuk baja yang di perdagangkan. bila Anda ingin paham beberapa jenis dan ukuran mengenai baja dikarenakan bahan baja yang difungsikan pada sebuah konstruksi tidak semuanya sama atau juga lebih mudahnya tergantung fondasi sebuah bangunan.

PT. Anugerah Alam Utama (Master Tukang)

Alamat Pabrik & Workshop

Jl. Veteran No 25, Selomanen, Purwokerto,
Ngadiluwih – Kediri

+62 812 3887 4441

www.mastertukang.co.id

[email protected]

Ikuti Aktivitas Kami

Sosial Media



Apa Yang Bisa Kami Lakukan

Layanan Kami

– Kontraktror ACP
– Jasa Curtain Wall
– Pabrik Plat Ornamen
– Kontraktor Baja WF
– Pembuatan Pagar
– Jasa Pasang Kanopi
– Jasa Advertising
– Jasa Aluminium
– Jasa Partisi Kaca & Pintu Kaca