Jam Kerja :Senin - Sabtu 08.00 - 16.00 WIBTelp: +62 812-3887-4441

Menerapkan Rumah Yang Ramah Lingkungan Untuk Menghemat Biaya Konstruksi Bangunan

Apa pun aplikasi design rumah Anda, semestinya mengaplikasikan pembangunan yang berkepanjangan. Tujuannya berkepanjangan ialah jika bangunan Anda memerhatikan kelestarian lingkungan sekelilingnya, ramah lingkungan serta lakukan penghematan dalam proses pembangunannya penghematan saat bangunan itu ditempati. Aplikasi pembangunan berkepanjangan atau lebih umum dimaksud dengan sustainable construction dapat menolong dalam menghemat biaya pembangunan.

Di bawah ini beberapa panduan untuk diaplikasikan pada sustainable construction :

1. Pilah Pilih bahan basic material bangunan dari produsen

Lihat dengan jelas apa bahan basic bermaterial yang dibikin oleh produsen sebelum Anda putuskan untuk beli bahan bangunan itu. Mencari rujukan serta beberapa info tentang produk produsen itu. Semestinya beli material bangunan dari produsen yang ramah lingkungan, sebab akan berefek juga pada bangunan Anda.

2. Transportasi bahan dasar material bangunan

Alangkah lebih baiknya jika Anda memprioritaskan beli serta memakai produk lokal atau material bangunan yang datang dari sekitar lingkungan Anda. Jauhi beli material impor atau material yang perlu dihadirkan di luar pulau. Biaya transportasi serta pembuangan daya yang diperlukan sepanjang pengangkutan (distribusi) material bangunan itu tidak ramah lingkungan.
Jika di wilayah paling dekat Anda ada pemrosesan batu, pasir, genting dan lain-lain, semestinya optimalkan untuk memakai material-material yang berada di dekat lingkungan Anda membuat.

3. Sampah produksi

Sediakan ruangan khusus untuk penyimpanan, pembuangan serta pemrosesan sampah yang dibuat dari bangunan. Contohnya Anda mempunyai sistem pembuangan sampah air semen supaya tidak langsung masuk selokan rumah di seputar bangunan Anda. Atau Anda sediakan gudang penyimpanan sendiri untuk menumpuk sesaat sisa-sisa kayu sisa pembuatan konstruksi bangunan. Hingga kelak bekas kayu barusan dapat di jual atau digunakan kembali jadi material ornamen atau hiasan interior.

4. Pakai sumber daya yang dapat diperbaharui

Sumber daya yang dapat diperbaharui contohnya material bangunan dari kayu, bebatuan serta semacamnya yang biasanya ialah material alami yang terdapat banyak di sekitar lingkungan serta gampang untuk diperbaharui kembali.

5. Perlakuan pekerja ditempat

Jika kita ingin mengaplikasikan pembangunan yang berkepanjangan, kita juga butuh untuk ikut memerhatikan bagaimana perlakuan tenaga kerja yang sedang membuat. Mungkin saja skema kerja mereka belum tunjukkan aksi yang ramah lingkungan. Semestinya kerjakan pengawasan khususnya saat memakai material bangunan supaya secermat mungkin tidak memunculkan tumpukan sampah serta polusi yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

6. Reuse serta Recycle

Reuse bermakna memakai kembali material bangunan yang masih wajar gunakan. Sedang recyle bermakna memproses sampah atau material bekas bangunan agar bisa digunakan kembali.

7. Pakai tempat seperlunya

Distribusikan tempat bangunan Anda 30% untuk tempat terbuka (tidak dibuat), yang dipakai jadi taman atau ruangan terbuka hijau buat tempat tinggal Anda. Ruangan hijau di dalam rumah Anda ini tidak hanya bisa memberikan kesetimbangan serta andil ruangan hijau buat lingkungan Anda, dapat jadi taman yang meningkatkan cantik rumah Anda.

8. Irit pemakaian air

Gunakan air sesedikit mungkin waktu membuat konstruksi. Anda bisa manfaatkan air hujan yang Anda tampung atau membuat sumur serapan yang bisa digunakan jadi sumber air untuk keperluan kontruksi bangunan.

9. Bukaan serta Penghawaan Alami

Mengatur demikian rupa skema ventilasi di dalam rumah Anda hingga Anda bisa kurangi pemakaian AC (Air Conditioner) serta semakin banyak manfaatkan perputaran hawa alami. Mengatur juga peletakan jendela dan dimensi jendela hingga cukup untuk memberi penerangan di ruang. Analisis site Anda terlebih dulu, dalami arah matahari serta hembusan angin yang ada di site rumah Anda hingga bisa sesuai dengan design bangunan rumah.

PT. Anugerah Alam Utama (Master Tukang)

Alamat Pabrik & Workshop

Jl. Veteran No 25, Selomanen, Purwokerto,
Ngadiluwih – Kediri

+62 812 3887 4441

www.mastertukang.co.id

[email protected]

Ikuti Aktivitas Kami

Sosial Media



Apa Yang Bisa Kami Lakukan

Layanan Kami

– Kontraktror ACP
– Jasa Curtain Wall
– Pabrik Plat Ornamen
– Kontraktor Baja WF
– Pembuatan Pagar
– Jasa Pasang Kanopi
– Jasa Advertising
– Jasa Aluminium
– Jasa Partisi Kaca & Pintu Kaca