Jam Kerja :Senin - Sabtu 08.00 - 16.00 WIBTelp: +62 812-3887-4441

Konsep Desain Interior

Konsep Desain Interior

Konsep Desain Interior

Konsep Desain Interior adalah sebuah pemahaman terhadap ruang. Desain interior adalah seni mendesain dekorasi interior suatu ruangan, struktur, ataupun bangunan. Kemauan untuk membuat desain yang bagus, tentu ada konsep dari sebuah desain yang harus diikuti. Apabila tidak, maka hasil akhirnya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui prinsip-prinsip desain interior yang akan membantu mewujudkan hasil akhir yang diinginkan.

Harmoni

Konsep harmoni pada desain interior memberikan arti rasa ketenangan dan kesatuan. Pengaplikasian warna, tema, dan gaya yang selaras pada seluruh desain. Meskipun bentuk, tekstur, dan ukuran formulir Anda mungkin berbeda secara signifikan, susunan elemen yang berbeda harus bekerja sama untuk menciptakan kesatuan. Meskipun corak warna dapat bervariasi, namun mereka harus melengkapi masing-masing.

Irama

Irama tak hanya ada dalam musik, namun juga penting dalam desain interior. Memikirkan ritme dalam desain interior, berarti berbicara tentang membangkitkan minat visual dengan menciptakan pola kontras dan pengulangan. Ritme diartikan dalam hal kontinuitas, gerakan dan pengulangan.

Proporsi dan Skala

Konsep proporsi pada desain interior berfokus pada rasio antara ukuran satu bagian dengan bagian lainnya. sedangkan skala yaitu ukuran seseorang terhubung dengan ruang yang ditempatinya.

Keseimbangan

Keseimbangan pada desain interior akan menciptakan perasaan stabilitas dan keseimbangan. Baik melalui warna, pola, tema, tekstur atau bentuk, keseimbangan harus diciptakan di semua elemen yang membentuk desain. Hal ini untuk memastikan distribusi yang sama antar visual objek sebuah ruangan.

Keseimbangan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu simetris, asimetris dan radial. Keseimbangan simetris terdiri dari ruang-ruang yang dididtribusikan secara merata atau diulang pada sumbu yang sama di dua sisi ruangan. Keseimbangan asimetris yakni menciptakan keseimbangan yang tidak memerlukan penduplikasian bobot visual garis, warna, bentuk dan tekstur. Keseimbangan radial yakni membuat beberapa elemen memancar di sekitar atau dari titik fokus.

Titik Fokus

Titik fokus adalah penekanan. Setidaknya harus ada 1 titik fokus untuk menciptakan kenyamanan pada ruangan dan tidak monoton. Adanya titik fokus akan mengarahkan perhatian orang ke desain dan menciptakan kesan abadi.

Itulah penjelasan singkat tentang konsep-konsep yang ada pada desain interior. Terapkan konsep yang ada tersebut untuk mewujudkan desain interior yang luar biasa. Untuk informasi selengkapnya seputar desain interior, kunjungi Master Tukang atau Langsung Hubungi Disini!

PT. Anugerah Alam Utama (Master Tukang)

Alamat Pabrik & Workshop

Jl. Veteran No 25, Selomanen, Purwokerto,
Ngadiluwih – Kediri

+62 812 3887 4441

www.mastertukang.co.id

[email protected]

Ikuti Aktivitas Kami

Sosial Media



Apa Yang Bisa Kami Lakukan

Layanan Kami

– Kontraktror ACP
– Jasa Curtain Wall
– Pabrik Plat Ornamen
– Kontraktor Baja WF
– Pembuatan Pagar
– Jasa Pasang Kanopi
– Jasa Advertising
– Jasa Aluminium
– Jasa Partisi Kaca & Pintu Kaca